Jumat, 31 Desember 2010

Manajemen waktu


BAGAIMANA MENGATUR WAKTU
Tugas ini  Dipresentasikan Pada Mata Kuliah Manajemen Pelatihan Dakwah

Disusun Oleh:
Hilmansyah
(108053000008)






JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH V A
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2010




KATA PENGANTAR

Puji syukur Pemakalah panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada Pemakalah sehingga Pemakalah dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada suri teladan kita nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, dan kita selaku umatnya hingga akhir zaman nanti.

Maksud dan tujuan Pemakalah membuat makalah ini agar para mahasiswa mengetahui dan memahami kajian tentang Bagaimana Mengatur Waktu dan dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Pemakalah sebagai manusia menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat Pemakalah harapkan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

Pemakalah ingin  mengucapkan terima kasih kepada dosen Manajemen Pelatihan Dakwah karena atas arahan dan bimbingannya, juga kepada semua pihak yang telah membantu Pemakalah menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya. Dan harapan Pemakalah tentunya adalah makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua pada umumnya dan bagi Pemakalah sendiri pada khususnya. Semoga makalah ini dapat membantu kita dalam memahami mata kuliah Manajemen Pelatihan Dakwah. 

                                                                                  
Jakarta, Oktober 2010



       Kelompok 1











A. Pengertian Manajemen Waktu
Mengatur waktu dengan baik berarti mengatur hidup dengan baik. Orang-orang yang mengatur waktunya dengan baik akan melakukannya dengan kreatif. Mereka memiliki cirri-ciri khas yang membedakan mereka dari orang-orang yang selalu dalam keadaan penuh kekalutan. Mereka membuat rencana-rencana jangka pendek dan jangka panjang, menetapkan dan mengikuti jadwal yang realistis, mengambil waktu istirahat yang efisien dan tepat waktu, dan memandang tugas-tugas yang harus dilaksanakan sebagai kesempatan-kesempatan, daripada sebagai kewajiban yang ditakuti. Mereka mempraktikkan manajemen waktu yang kreatif dengan mengendalikan waktu mereka, dan sekaligus mengendalikan hidup mereka.

Tidak semua orang dianugerahi dengan kecemerlangan, penampilan yang baik, atau banyak materi, tetapi semua orang masing-masing memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari. Banyak yang dapat dicapai dalam dua puluh empat jam tersebut, atau tidak sedikit pun yang dicapai. Tergantung kepada orang tersebut untuk mengoptimalkan waktu tersebut.

B. Prinsip Manajemen Waktu
Berikut adalah prinsip-prinsip dasar manajemen waktu yang kreatif:
1. Selalu aktif, bukan reaktif
Buatlah keputusan-keputusan aktif tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda daripada reaktif terhadap setiap tuntutan yang Anda temui, seperti pada saat seorang menelepon Anda atau pada saat Anda diminta menjadi ketua perkumpulan asosiasi professional.

2. Tentukan sasaran
Dengan menentukan sasaran, Anda tahu tujuan Anda. Sasaran itu penting, di dalam pekerjaan, sekolah, atau permainan. Tanpa sasaran, Anda akan kehilangan arah dan bereaksi terhadap kesempatan-kesempatan dan persoalan-persoalan yang tidak pasti, dengan pandangan sempit atas akibat yang mungkin timbul dalam kehidupan pribadi dan professional Anda.
3. Tentukan prioritas dalam tindakan
Begitu Anda telah menemukan sasaran, Anda perlu menentukan prioritas tindakan guna mencapai sasaran-sasaran itu. Menentukan prioritas berarti menciptakan sebuah rencana pelaksanaan.
4. Pertahankan fokus aktivitas
Maksimalkan produktivitas Anda dengan berkonsentrasi pada satu aktivitas yang utama satu per satu. Setelah menentukan sasaran dan prioritas tindakan Anda, pantaulah perkembangannya sehingga aktivitas itu selesai. Apa pun yang Anda lakukan, lakukanlah dengan seluruh kemampuan Anda.

5. Ciptakan tenggat waktu yang realistis
Tenggat waktu, terutama bila realistis, membantu Anda tetap focus pada sasaran jangka panjang dan terutama pada prioritas jangka pendek. Seharusnya Anda tidak takut terhadap tenggat waktu tetapi justru menyambutnya. Jika tidak ada yang menentukan tenggat waktu untuk Anda dan pekerjaan Anda, ciptakan tenggat waktu untuk diri Anda sendiri.

6. Lakukan sekarang (DO IT NOW)
Setelah Anda mengambil keputusan dan fokus, lakukan sekarang. Prinsip yang inilah yang kebanyakan orang mengabaikannya. Mengapa demikian, karena kebanyakan orang selalu menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya dilakukan segera. Hal yang demikian akan menghambat kita dalam mencapai target atau tujuan.  

7. Seimbangkan hidup Anda
Prinsip ketujuh berarti menciptakan waktu bagi diri sendiri, demikian juga bagi orang-orang yang Anda kasihi: kekasih, anak-anak, orangtua, saudara, kerabat, sahabat, tetangga, kelompok relawan, rekan sekerja, bahkan binatang peliharaan.
Untuk lebih produktif dalam pekerjaan, pastilah merupakan sebuah sasaran yang bermanfaat, bahkan akan lebih baik bila memiliki hidup yang lebih berisi, lebih produktif dan seimbang. Maka, hendaknya diingat untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen waktu yang kreatif ini tidak hanya dalam pekerjaan, tetapi juga dalam bergaul dan beraktifitas mengisi waktu luang.






DAFTAR PUSTAKA

·         Www.dexton.adexindo.com/artikel-jan09-1-tips-manajemen waktu.html
·         Http://id.shvoong.com/business-management/management/1658500-manajemen-waktu.
·         Http://www.dexton.adexindo.com/artikel-jan09-1-tips-manajemen-waktu.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar